Tim Perusak

ali bicpak,muhdy,romly,zainul,ina,majid, zugik,siswadi,elly,elisa,fauzan, ramzan,fahrez,halili,Qbonk,rizQi, sapa lagi ya??

Senin, 13 Februari 2012

Cara Setting Handphone Sebagai Modem


Salah seorang sahabat saya sedang memiliki masalah dengan koneksi internet, keinginannya bisa surfing internet di rumah terkendala dengan biaya, laptop punya tapi belum memiliki anggaran untuk Modem Internetnya. Akhirnya dengan sedikit putar akal, jadilah Hp bekas SE K700i yang kondisinya sudah memprihatinkan menjadi modem ampuh. walau dengan kecepatan maksimal 115 kbps, namun teman saya tadi cukup puas dengan usaha saya membantunya, keluar dari masalah yang lumayan rumit.
Lalu bagaimana cara men setting Hp K700i tersebut sebagai modem internet? berikut tahapan-tahapannya, di urai dengan sederhana dan mengena.
Pertama, kita harus menyiapkan pirantinya. laptop dan hp SE K700i dengan koneksi menggunakan bluetooth. Ini jika laptop atau PC anda tidak memiliki fasilitas Bluetooth. Bluetooth sendiri bisa di beli di toko komputer dengan harga berkisar Rp.35.000 sampai Rp. 50.000
Ada prosedur dan setting yang perlu dilakukan sebelum bisa menggunakan hp sebagai modem dan mengakses internet. Baik setting yang dilakukan di komputer maupun di hp kita. disinilah letak tantangannya yang memerlukan kesabaran dan ketekunan.
Pertama, setting di hp. Kebetulan gue menggunakan kartu IM3. Mengapa im3 ? karena khabarnya IM3 yang murah untuk koneksi internet kartu pra bayar yang sudah memiliki jangkauan luas di indonesia. nah jika anda menggunakan Telkomsel, XL, Axis, Esia, dll bisa-bisa saja. tinggal sedikit edit setting sesuai alamat servernya.
Sebelumnya, pastikan bahwa kita sudah melakukan aktivasi GPRS untuk Hp kita. Untuk IM3 cara aktivasinya cukup mudah, yaitu via sms dengan mengetikkan GPRS nama dan hp kita kemudian kirim ke 3000. Contohnya, gue menggunakan sony ericsson K700i, maka gue ketik GPRS se k700i kirim ke 3000.
setelah menerima konfirmasi bahwa hp kita sudah di aktivasi baru kita melakukan setting GPRS di hp. Untuk melakukan setting ini, kita masuk ke Connectivity > internet setting > internet profiles > indosatgprs. Kemudian masuk ke settings di mana kita harus memasukkan user dan password. kita masukkan
user : indosat@durasi
password : indosat@durasi
Untuk kartu sim yang lain tentu saja berbeda, Tergantung masing-masing operator. Ingat setting ini hanya untuk IM3 berbasis time-based.
Setelah setting di hp sudah dilakukan. Hal kedua yang harus dilakukan adalah melakukan setting di komputer kita. Untuk itu kita harus menghubungkan komputer dan hp kita menggunakan koneksi yang ada. Koneksi yang gue pake adalah via bluetooth karena gue ngga punya kabel data untuk hp gue (se k700i). Colokin USB adapter ke usb komputer. Langkah-langkahnya cukup ribet tapi menarik untuk dicoba.
1. Masuk ke dalam bluetooth device melalui control panel. kemudian pada tab device klik add dan biarkan computer mendetect handphone kita. Saat handphone kita sudah terdetect maka akan muncul di layar berupa nama handphone kita. Kita pilih kemudian klik ok. Di sini kita perlu memasukkan passkey, yaitu berupa angka 8 -16 digit baik di hape maupun di komputer dan klik next. Setelah selesai klik finish. Maka kita telah dapat mengkoneksikan komputer dan hp melalui bluetooth dan siap menggunakannya sebagai modem.
2. selanjutnya, masuk ke phone and modem options melalui control panel. Kita pilih tab modem sehingga muncul semua modem yang terinstal di komputer dan klik add untuk menambahkan handphone kita sebagai modem. Kemudian akan muncul kotak instal new modem, klik next, maka computer akan mendetect handphone kita. Setelah muncul nama handphone kita di kotak pilih dan klik ok. Di sini kita telah menginstal modem baru dan akan terdeteksi oleh komputer sebagai standard modem over bluetooth link. Kita bisa melihatnya di phone and modem options di mana kita telah menambahkan modem baru.
3. Selanjutnya, masuk ke network connections melalui control panel. Di sini akan ditunjukkan semua koneksi jaringan yang telah terinstal di komputer kita. Karena kita akan membuat koneksi baru melalui modem handphone maka kita perlu membuat koneksi baru. Kita klik create a new connection di kolom sebelah kiri kotak. Maka akan muncul kotak welcome to the new connection wizard, klik next. Pada network connection type kita pilih connect to internet dan klik next. Kemudian akan muncul kotak cara apa yang akan digunakan untuk koneksi internet. Di sini kita pilih set up my connection manually dan klik next. Kemudian pada kotak internet connection pilih connect using dial-up modem dan klik next. Kemudian kita isi nama ISP yang digunakan, kita isi m3net dan klik next. Selanjutnya masukkan kode *99***X# dan klik next. Kemudian isikan “gprs” pada username dan “im3″ pada password dan klik next. Setelah selesai klik finish. Maka kita telah membuat koneksi baru bernama m3net. Ini akan muncul pada network connection di bawah dial-up. Untuk mengeceknya masuk ke network connection melalui control panel.
4. selanjutnya yaitu memasukkan suatu kode. Masuk ke device manager melalui control panel > system > tab hardware > device manager. Klik dua kali pada modems > sony ericsson k700i modem properties. Klik tab advanced dan masukkan kode berikut ini
At+cgdcont=1,”IP”,”www.indosat-m3.net”
Karena kita menggunakan kartu IM3. dan klik ok.
5. Pada tahap ini kita sudah siap untuk koneksi internet melalui handphone kita. Kita bisa langsung melakukan koneksi melalui connect to > m3net > dial. Maka akan kita dapati bahwa komputer telah melakukan koneksi yang ditandai dengan keterangan di sebelah kanan bawah layar windows. Buka browser dan kita bisa browsing ke alamat website atau pun layanan internet lain yang kita inginkan.
Walau kecepatan koneksi internet dari modem Hp yang kita dapatkan hanya maksimal 115 Kbps, Namun cukup lah untuk kita memaksimalkan sebuah Handphone bekas sebagai modem Internet.

0 komentar:

Posting Komentar

Kami tunggu Kritik dan saran agar komunitas kami bisa tambah maju .......... :)

Pengikut

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More

 
Design by ali bicpak | Bloggerized by ali bicpak - Premium Blogger Themes | Affiliate Network Reviews